Penelitian
Tentang Kajian Semiotika pada Logo RANS Nusantara FC
1). 1. Apa itu RANS Nusantara FC?

RANS
Nusantara FC adalah sebuah klub Sepak Bola Indonesia yang di milik oleh artis
yang terkenal, yaitu Raffi Ahmad. Klub Sepak Bola ini itungannya masih sangat
baru di dirikan, yaitu pada tanggal 1 April 2021. Dan waktu itu Club Sepak Bola
ini bermain di liga 2 Indonesia. Dan berjalannya waktu, akhirnya RANS Nusantara
FC ini bisa naik ke liga kasta yang tertinggi di Indonesia yaitu liga 1.
Awalnya sebelum terbentuk nya Club Sepak Bola RANS Nusantara FC ini adalah Club
Cilegon United FC. Tetapi pada akhirnya sang Artis Papan Atas ini Raffi Ahmad
membeli club tersebut lalu mengubah nama Club itu RANS CILEGON UNITED,
berjalannya Waktu berganti lagi namanya yaitu RANS Nusantara FC. Ini adalah ke
inginan Raffi Ahmad yang dia bilang, “ Mengapa nama club ini yang tadinya RANS
CILEGON UNITED berubah menjadi RANS Nusantara FC? Karena Raffi Ahmad ingin
supporter tidak hanya dari kalangan pecinta Sepak Bola saja, namun dari Fans
Raffi Ahmad terebut, dari Fans Nagita Slavina tersebut, dan kalau bisa pun dari
1 Indonesia mendukung dan mencintai Club RANS Nusantara FC.
2. Siapa itu Raffi Ahmad?
3. Apa itu Logo?
Logo adalah suatu gambar atau identitas yang mewakili
suatu arti dari Perusahaan, daerah, organisasi, produk dan lain lain. Yang
membutuhkan suatu gambar yang mudah di ingat yang bertujuan untuk pengganti
dari sebuah nama sebenarnya.
4. Apa itu pendekatan Semiotika?
4. Apa itu pendekatan Semiotika?
Pendekatan
Semiotika adalah sebuah pendekatan yang memiliki sistem sendiri berupa sistem
tanda, tanda itu dalam sastra sendiri di tuliskan dalam bentuk teks, baik yang
terdapat di dalam struktur teks maupun di luar teks.
5). Pentingnya
Logo RANS Nusantara di kaji dengan Semiotika
Logo adalah suatu gambar atau identitas yang mewakili
suatu arti dari Perusahaan, daerah, organisasi, produk dan lain lain. Yang
membutuhkan suatu gambar yang mudah di ingat yang bertujuan untuk pengganti dari
sebuah nama sebenarnya. Pada logo ini sebagai simbol yang digunakan untuk
menyampaikan hal-hal penting nama citra
perusahaan, desain gambar, logo ini menjadikan sesuatu hal yang sangat utama kadangkalanya untuk menjadikan
sesuatu gambar logo yang tercantum di dalamnya nama maksud yang sesuai oleh
budaya atau misi perusahaan ini yang diperlukan dalam konsultan dan desainer
khusus yang sebenar-benarnya dan mengetahui dari teknik atau makna dalam
menjadikan sesuatu logo dengan harapan hasil yang Waah yang berbentuk yaitu
citra yang positif diawali dengan
mempunyai memiliki daya cipta.
Maka dari itu sangatlah penting logo di kaji dengan
teori semiotika, dan pada kali ini yang akan di kaji adalah Logo dari RANS
Nusantara FC
Penelitian ini
sangat penting karena selain Raffi Ahmad di kenal banyak orang, maka ini adalah
suatu momentum yang sangat besar untuk suatu club Sepak Bola yang di dirikan
oleh Raffi Ahmad yaitu RANS Nusantara FC, pada logo tersebut berbentuk perisai
yang berwarna ungu dan di dalam nya da gambar Burung Phoenix yang mengepakkan
sayapnya sehingga keserasian tercipta pada logo tersebut.
M
6). Rumusan Masalah
Bentuk
logo yang ada pada RANS Nusantara FC ini adalah logo yang di desain secara
Modern. Mengapa di katakan Modern? Karena bentuk dari logo tersebut yang
memancarkan model yang elegan yaitu seperti perisai dan di kombinasikan dengan
warna ungu dengan putih, maka terlihat hidup dan indah dalam melihat Logo RANS
Nusantara FC ini.
Visual
key yang unik juga terlihat pada burung Phoenix ini, Phoenix melambangkan
simbol pembaruan dan kebangkitan, dan mewakili banyak tema, seperti :
Kekaisaran, matahari, waktu, kebangkitan dan lain lain
Pemilihan
Warna yang pas yaitu ungu, menginat pada awal logo RANS Entertainment berwarna
ungu, maka Raffi Ahmad tidak ingin mengubah dan menghilangkan warna dasar pada
Warna yang sudah ada pada logo RANS Entetaiment
2). Apa relevansi antara icon Pheonix terhadap sebuah
harapan yang baru?
Burung Phoenix dalam mitologi kuno merupakan
simbol dari Matahari. Matahari terbit, 'mati' dan terlahir kembali, begitu pun
dengan Phoenix.
Sebuah legenda kuno mengisahkan sebuah burung
ajaib yang bercahaya merah keemasan yang hidup selama beberapa ratus tahun
sebelum mati terbakar. Kemudian burung tersebut terlahir kembali dari abu,
untuk memulai kehidupan baru yang panjang. Simbolisme yang kuat tersebut
merupakan motif dan gambar yang masih digunakan secara umum hingga sekarang
dalam budaya dan cerita rakyat populer.
Burung legendaris Phoenix memiliki ukuran
yang besar. Berwarna kuning, merah, ungu hingga merah keemasan, karena
dikatikan dengan matahari terbit dan api. Terkadang, nimbus akan
mengelilinginya. Matanya biru dan bersinar megah.Phoenix dikisahkan membangun
tumpukan kayu sebagai sarangnya sendiri, dan menyalakannya dengan satu tepukan
sayapnya. Setelah kematiannya, ia bangkit dengan indah dari abu lalu terbang
menjauh.
Relevansi antara icon Phoenix pada logo RANS
Nusantara FC ini adalah dengan terbentuknya Club yang masih terbilang baru ini,
Harapan dan Do’a agar Club ini bisa makin bersinar dan berkembang layaknya
burung Phoenix yang selalu bersinar dan indah.
3). Apa saja tanda-tanda semiotika yang ada dalam
branding RANS Nusantara FC?
A). Channel RANS Nusantara FC
- Signifier
(Penanda)
Channel RANS Nusantara FC mempunyai background
yang di dasari dengan warna ungu yang sangat serasi dari warna logo RANS
Nusantara, dam di dalamnya berisi konten dari setiap aktifitas para pemain
maupun manajemen club
- Signified
(Petanda)
Petanda bahwa
adanya Channel ini untuk terus mengikuti perkembangan dari setiap laga atau
kesehariannya kegiatan RANS Nusantara FC ini dari segi tanding ataupn
pengenalan para pemain RANS tersebut.
B). Instagram RANS
Nusantara FC
- Signifier (Penanda)
Dari postingan
Instagram RANS Nusantara FC ini juga berisi tentang pemberitahuan pemberitahuan
dari setiap laga ataupun match yang akan di laksanakan, seperti contohnya RANS
Nusantara FC VS Barito Putera, postingan Goal tercipta dan Hasil point match
setelah bertanding
- Signified (Petanda)
Petandanya adalah
bahwa Konten ataupun Postingan yang di Upload ini adalah mengikuti perkembangan
dari setiap laga atau aktifitas dari Club RANS Nusantara FC ini
C). Ciri Khas dari
Postingan Rekrutan Pemain baru di instagram RANS Nusantara FC
- Signifier (Penanda)
Pada Postingan
Instagram RANS Nusantara FC ini mempunyai ciri khas menampilkan Video pemain
rekrutan yang telah di rekrut, serta background yang tidak menghilangkan warna
dasar pada logo yaitu Ungu
- Signified (Petanda)
Petandanya untuk
postingan Rekrutan pemain baru, RANS Nusantara FC ini selalu konsisten
DAFTAR PUSTAKA
Sultannata, C,. & Maryam, S. (2018). Analisis
Semiotika Logo Brodo Footwear di Media Sosial Twitter (Studi
Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 153-174.
Israjab, M. (2022). RANS Cilegon FC Masuk
Liga 1 Bakal Launching Logo Baru dan Ganti Nama Klub.
Ramadhan, M. S.
(2021). Penuh makna filosofi RANS Nusantara FC
A
V
Komentar
Posting Komentar