Penelitian Tentang Kajian Semiotika pada Logo RANS Nusantara FC

 

 

1). 1. Apa itu RANS Nusantara FC?


 

RANS Nusantara FC adalah sebuah klub Sepak Bola Indonesia yang di milik oleh artis yang terkenal, yaitu Raffi Ahmad. Klub Sepak Bola ini itungannya masih sangat baru di dirikan, yaitu pada tanggal 1 April 2021. Dan waktu itu Club Sepak Bola ini bermain di liga 2 Indonesia. Dan berjalannya waktu, akhirnya RANS Nusantara FC ini bisa naik ke liga kasta yang tertinggi di Indonesia yaitu liga 1. Awalnya sebelum terbentuk nya Club Sepak Bola RANS Nusantara FC ini adalah Club Cilegon United FC. Tetapi pada akhirnya sang Artis Papan Atas ini Raffi Ahmad membeli club tersebut lalu mengubah nama Club itu RANS CILEGON UNITED, berjalannya Waktu berganti lagi namanya yaitu RANS Nusantara FC. Ini adalah ke inginan Raffi Ahmad yang dia bilang, “ Mengapa nama club ini yang tadinya RANS CILEGON UNITED berubah menjadi RANS Nusantara FC? Karena Raffi Ahmad ingin supporter tidak hanya dari kalangan pecinta Sepak Bola saja, namun dari Fans Raffi Ahmad terebut, dari Fans Nagita Slavina tersebut, dan kalau bisa pun dari 1 Indonesia mendukung dan mencintai Club RANS Nusantara FC.



2. Siapa itu Raffi Ahmad?



Raffi Ahmad adalah Seorang Artis yang terkenal di indonesia yang merupakan pemeran, pembawa acara, pengusaha, produser dan selebritis yang telah ia perankan selama menjalankan karirnya di indonesia. Beliau ini adalah memang artis yang sangat di kenal di indonesia, siapa yang tidak kenal beliau? Pasti semua orang rata rata mengenal beliau. Dan sampai sampai saking melimpahnya harta/kekayaan yang sangat luar biasa. Raffi Ahmad atau yang biasa di sapa Raffi ini memilik Club Bola yang terbilang sangatlah baru di indonesia, yaitu RANS Nusantara FC, dan sampai saat ini club bola tersebut berkembang sangatlah baik hingga bisa naik ke level tingkat Liga 1 Indonesia. Beliau di sebut sebagai SULTAN ANDARA, mengapa beliau di sebut Sultan An dara? Karena beliau tinggal di daerah Andara Jakarta Selatan. Sebab itu beliau di sebut sebagai Sultan Andara. Dan juga di tambah lagi yang membuat ia tambah terkenal adalah dengan Mempunyai Keluarga yang Super Star. Yaitu Mba Nagita Slavina dan ke 2 anaknya, Rafatar dan Rayyanza. Maka semakin terkenal lah Raffi Ahmad serta Keluarganya.



3. Apa itu Logo?
Logo adalah suatu gambar atau identitas yang mewakili suatu arti dari Perusahaan, daerah, organisasi, produk dan lain lain. Yang membutuhkan suatu gambar yang mudah di ingat yang bertujuan untuk pengganti dari sebuah nama sebenarnya.




4Apa itu pendekatan Semiotika?



Pendekatan Semiotika adalah sebuah pendekatan yang memiliki sistem sendiri berupa sistem tanda, tanda itu dalam sastra sendiri di tuliskan dalam bentuk teks, baik yang terdapat di dalam struktur teks maupun di luar teks.




5). Pentingnya Logo RANS Nusantara di kaji dengan Semiotika


Logo adalah suatu gambar atau identitas yang mewakili suatu arti dari Perusahaan, daerah, organisasi, produk dan lain lain. Yang membutuhkan suatu gambar yang mudah di ingat yang bertujuan untuk pengganti dari sebuah nama sebenarnya. Pada logo ini sebagai simbol yang digunakan untuk menyampaikan hal-hal  penting nama citra perusahaan, desain gambar, logo ini menjadikan sesuatu hal  yang sangat utama kadangkalanya untuk menjadikan sesuatu gambar logo yang tercantum di dalamnya nama maksud yang sesuai oleh budaya atau misi perusahaan ini yang diperlukan dalam konsultan dan desainer khusus yang sebenar-benarnya dan mengetahui dari teknik atau makna dalam menjadikan sesuatu logo dengan harapan hasil yang Waah yang berbentuk yaitu citra yang positif  diawali dengan mempunyai memiliki daya cipta.

Maka dari itu sangatlah penting logo di kaji dengan teori semiotika, dan pada kali ini yang akan di kaji adalah Logo dari RANS Nusantara FC

Penelitian ini sangat penting karena selain Raffi Ahmad di kenal banyak orang, maka ini adalah suatu momentum yang sangat besar untuk suatu club Sepak Bola yang di dirikan oleh Raffi Ahmad yaitu RANS Nusantara FC, pada logo tersebut berbentuk perisai yang berwarna ungu dan di dalam nya da gambar Burung Phoenix yang mengepakkan sayapnya sehingga keserasian tercipta pada logo tersebut.

M

Gambar Segitiga Semiotika Teori ini menggunakan semiotika Roland Barthes, yang menekankan pada tingkatan penandaan yakni tingkat penandaan denotasi dan tingkat penandaan konotasi serta mitos yang dapat menggunakan dan mempermudah pengungkapan berbagai makna yang bertingkat-tingkat. Dalam logo sangat memungkinkan memiliki makna yang berbeda tergantung dengan model pendekatan apa dalam hal mengkajinya. Saya dalam hal ini hanya akan menekankan pada aspek tingkat penandaan denotasi dan juga tingkat penandaan konotasi. 



6). Rumusan Masalah

1.)  Apa ciri khas visual key yang ditampilkan pada logo RANS Nusantara FC?


Bentuk logo yang ada pada RANS Nusantara FC ini adalah logo yang di desain secara Modern. Mengapa di katakan Modern? Karena bentuk dari logo tersebut yang memancarkan model yang elegan yaitu seperti perisai dan di kombinasikan dengan warna ungu dengan putih, maka terlihat hidup dan indah dalam melihat Logo RANS Nusantara FC ini.

Visual key yang unik juga terlihat pada burung Phoenix ini, Phoenix melambangkan simbol pembaruan dan kebangkitan, dan mewakili banyak tema, seperti : Kekaisaran, matahari, waktu, kebangkitan dan lain lain

Pemilihan Warna yang pas yaitu ungu, menginat pada awal logo RANS Entertainment berwarna ungu, maka Raffi Ahmad tidak ingin mengubah dan menghilangkan warna dasar pada Warna yang sudah ada pada logo RANS Entetaiment


2). Apa relevansi antara icon Pheonix terhadap sebuah harapan yang baru?

Burung Phoenix dalam mitologi kuno merupakan simbol dari Matahari. Matahari terbit, 'mati' dan terlahir kembali, begitu pun dengan Phoenix.

Sebuah legenda kuno mengisahkan sebuah burung ajaib yang bercahaya merah keemasan yang hidup selama beberapa ratus tahun sebelum mati terbakar. Kemudian burung tersebut terlahir kembali dari abu, untuk memulai kehidupan baru yang panjang. Simbolisme yang kuat tersebut merupakan motif dan gambar yang masih digunakan secara umum hingga sekarang dalam budaya dan cerita rakyat populer.

Burung legendaris Phoenix memiliki ukuran yang besar. Berwarna kuning, merah, ungu hingga merah keemasan, karena dikatikan dengan matahari terbit dan api. Terkadang, nimbus akan mengelilinginya. Matanya biru dan bersinar megah.Phoenix dikisahkan membangun tumpukan kayu sebagai sarangnya sendiri, dan menyalakannya dengan satu tepukan sayapnya. Setelah kematiannya, ia bangkit dengan indah dari abu lalu terbang menjauh.

Relevansi antara icon Phoenix pada logo RANS Nusantara FC ini adalah dengan terbentuknya Club yang masih terbilang baru ini, Harapan dan Do’a agar Club ini bisa makin bersinar dan berkembang layaknya burung Phoenix yang selalu bersinar dan indah.



3). Apa saja tanda-tanda semiotika yang ada dalam branding RANS Nusantara FC?

A).  Channel RANS Nusantara FC

- Signifier (Penanda)

Channel RANS Nusantara FC mempunyai background yang di dasari dengan warna ungu yang sangat serasi dari warna logo RANS Nusantara, dam di dalamnya berisi konten dari setiap aktifitas para pemain maupun manajemen club

- Signified (Petanda)

Petanda bahwa adanya Channel ini untuk terus mengikuti perkembangan dari setiap laga atau kesehariannya kegiatan RANS Nusantara FC ini dari segi tanding ataupn pengenalan para pemain RANS tersebut.



B). Instagram RANS Nusantara FC

- Signifier (Penanda)

Dari postingan Instagram RANS Nusantara FC ini juga berisi tentang pemberitahuan pemberitahuan dari setiap laga ataupun match yang akan di laksanakan, seperti contohnya RANS Nusantara FC VS Barito Putera, postingan Goal tercipta dan Hasil point match setelah bertanding

- Signified (Petanda)

Petandanya adalah bahwa Konten ataupun Postingan yang di Upload ini adalah mengikuti perkembangan dari setiap laga atau aktifitas dari Club RANS Nusantara FC ini




C). Ciri Khas dari Postingan Rekrutan Pemain baru di instagram RANS Nusantara FC



- Signifier (Penanda)

Pada Postingan Instagram RANS Nusantara FC ini mempunyai ciri khas menampilkan Video pemain rekrutan yang telah di rekrut, serta background yang tidak menghilangkan warna dasar pada logo yaitu Ungu

- Signified (Petanda)

Petandanya untuk postingan Rekrutan pemain baru, RANS Nusantara FC ini selalu konsisten



DAFTAR PUSTAKA

Sultannata, C,. & Maryam, S. (2018). Analisis Semiotika Logo Brodo Footwear di Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 153-174.

Israjab, M. (2022). RANS Cilegon FC Masuk Liga 1 Bakal Launching Logo Baru dan Ganti Nama Klub.

Ramadhan, M. S. (2021). Penuh makna filosofi RANS Nusantara FC

 

 

A


V



























































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 1, Tugas Kajian Seni Rupa

Kajian Semiotika karya lukis Hyperrealis Antoe Budiono pada Lukisan yang Cenderung Menghadirkan Visual Ayam Jago